Badan Inovasi & Inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya Mengadakan Pendampingan TKT & Katsinov

Aktivitas penelitian memiliki peranan penting dalam kemajuan peradaban suatu negeri, tidak terkecuali di Indonesia.  kegiatan penelitian diharapkan menghasilkan inovasi riset yang dapat dikomersialisasikan pada masyarakat dalam kebermanfaatannya. Namun saat ini dirasa masih terdapat banyak gap dari setiap proses komersialisasi tersebut.

Penelitian yang dilaksanakan di Perguruan Tinggi tidak hanya mengembangkan ilmu semata, namun bagaimana penelitian yang dilakukan dapat meningkatkan ekonomi dan daya saing bangsa. Terdapat fase kritikal, terutama fase uji coba dan tahap penerjunan pasar. Maka dari itu KATSINOV diperlukan.

Acara dibuka oleh direktur BIIW UB Dr.Ir. Setyono Yudo Tyasmoro MS. yang memberikan pemaparan betapa pentingnya dapat mengukur kesiapan teknologi yang dimiliki guna dapat mengetahui daya saing suatu produk sebelum masuk ketahap pemasaran.

Selanjutnya acara yang diselenggarakan secara daring dipandu oleh wakil direktur bidang inovasi Dr.Ir. Anang Lastriyanto M.Si menerangkan secara teknis pengisian TKT/ Katsinov.,KATSINOV-meter sebagai tools dalam pengukurannya melihat tingkat kesiapan inovasi dari 7 aspek pengkuran, yaitu teknologi, pasar, organisasi, kemitraan, risiko, manufaktur, dan investasi. Dari aspek tersebut diharapkan dapat memetakan tingkat kesiapan inovasi yang mengelompokkannya kedalam 6 level.